Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP-SMA/Paket B-C) : Melakukan Salah Satu Jenis Diferensiasi (Konten Produk Proses)
Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP-SMA/Paket B-C) :
Melakukan Salah Satu Jenis Diferensiasi (Konten Produk Proses)
Oleh : Ayu Mika Sherila, ST., MT,
Bagi para pendidik, konsep diferensiasi
konten tentu bukan hal baru dalam dunia pendidikan. Diferensiasi konten adalah
bentuk pembelajaran yang dibedakan dan bentuk implementasi pembelajaran
mandiri. Tentu saja pembelajaran yang berdiferensiasi sangat erat kaitannya
dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Pembelajaran yang
berdiferensiasi merupakan salah satu tanggung jawab guru sekolah mengemudi,
menciptakan proses pembelajaran yang berorientasi pada kemandirian berpikir dan
potensi siswa.
Melakukan Salah Satu Jenis Diferensiasi
(Konten Produk Proses) merupakan metode pembelajaran dengan cara memberikan
materi kepada siswa berdasarkan ketrampilan, profil belajar, dan pengetahuannya,
tetapi tetap sejalan dengan kurikulum yang berlaku. Dalam hal demikian, guru
perlu mengatur jenis informasi yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Guru
juga dapat memetakan kesiapan siswa untuk belajar. Tidak hanya itu,
pertimbangan lain untuk pembedaan konten adalah untuk memetakan minat siswa
terhadap materi pembelajaran tertentu. Aksi Nyata Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian
Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C: Melakukan
Salah Satu Jenis Diferensiasi (Konten Produk Proses) [Guru], pelatihan mandiri
ini dilakukan oleh Ayu Mika Sherila,
ST., MT. (Guru Produktif Telekomunikasi, SMK Telkom Jakarta) dapat
dilihat di youtube berikut ini: https://youtu.be/W9WLDFRDk0o
Comments
Post a Comment