Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP-SMA/Paket B-C) : Melakukan Salah Satu Jenis Diferensiasi (Konten Produk Proses)

 Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP-SMA/Paket B-C) : 

Melakukan Salah Satu Jenis Diferensiasi (Konten Produk Proses)

Oleh : Ayu Mika Sherila, ST., MT,


Bagi para pendidik, konsep diferensiasi konten tentu bukan hal baru dalam dunia pendidikan. Diferensiasi konten adalah bentuk pembelajaran yang dibedakan dan bentuk implementasi pembelajaran mandiri. Tentu saja pembelajaran yang berdiferensiasi sangat erat kaitannya dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Pembelajaran yang berdiferensiasi merupakan salah satu tanggung jawab guru sekolah mengemudi, menciptakan proses pembelajaran yang berorientasi pada kemandirian berpikir dan potensi siswa.

Melakukan Salah Satu Jenis Diferensiasi (Konten Produk Proses) merupakan metode pembelajaran dengan cara memberikan materi kepada siswa berdasarkan ketrampilan, profil belajar, dan pengetahuannya, tetapi tetap sejalan dengan kurikulum yang berlaku. Dalam hal demikian, guru perlu mengatur jenis informasi yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Guru juga dapat memetakan kesiapan siswa untuk belajar. Tidak hanya itu, pertimbangan lain untuk pembedaan konten adalah untuk memetakan minat siswa terhadap materi pembelajaran tertentu. Aksi Nyata Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP - SMA/ Paket B-C: Melakukan Salah Satu Jenis Diferensiasi (Konten Produk Proses) [Guru], pelatihan mandiri ini dilakukan oleh Ayu Mika Sherila, ST., MT. (Guru Produktif Telekomunikasi, SMK Telkom Jakarta) dapat dilihat di youtube berikut ini: https://youtu.be/W9WLDFRDk0o




Comments

Popular posts from this blog

Aksi Nyata - Asesmen SMP - SMA / SMK / Paket B - C

Aksi Nyata Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan – Melakukan Refleksi Perencanaan (Guru)