Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran: Merefleksikan Pembelajaran Murid [Guru]
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran:
Merefleksikan Pembelajaran Murid [Guru]
Oleh: Ayu Mika Sherila, MT
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah serangkaian kriteria atau
indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik sudah mencapai kompetensi
pada tujuan pembelajaran. Kriteria ini berfungsi untuk merefleksikan proses
pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik.
Pemilihan kurikulum merdeka disesuaikan dengan karakteristik siswa,
kekhasan, serta kesiapan tingkat satuan pendidikan. Yang menjadi pembeda dari
Kurikulum Merdeka dengan kurikulum sebelumnya adalah Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) tidak lagi digunakan dan berganti menjadi Kriteria Ketercapaian
Tujuan Pembelajaran (KKTP).
Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan
pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian
tujuan pembelajaran. Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan
asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran, baik
dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun modul ajar.
Dengan demikian, kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah peserta
didik telah mencapai tujuan pembelajaran dapat dikembangkan pendidik dengan
menggunakan beberapa pendekatan, di antaranya:
1.
Menggunakan deskripsi
sehingga apabila peserta didik tidak mencapai kriteria tersebut maka dianggap
belum mencapai tujuan pembelajaran
2.
Menggunakan rubrik yang
dapat mengidentifikasi sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran
3.
Menggunakan skala atau
interval nilai, atau pendekatan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan
pendidik dalam mengembangkannya. Berikut adalah contoh-contoh pendekatan yang
dimaksud. Contoh salah satu tujuan pembelajaran mata pelajaran Jaringan Telekomunikasi: “peserta didik mampu
menulis laporan hasil pengamatan dan wawancara”.
Berikut dokumentasi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran: Merefleksikan
Pembelajaran Murid [Guru] dalam bentuk foto dokumen powerpoint, yang dapat
dilihat pada gambar-gambar berikut ini:
Setiap peserta didik mungkin berada pada kriteria pencapaian yang berbeda, dengan demikian kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi sumber informasi atau data bagi pendidik untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi peserta didik.
ReplyDeleteKriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran berfungsi untuk melakukan refleksi proses pembelajaran dan diagnosis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik agar pendidik dapat memperbaiki proses pembelajaran dan memberi intervensi pembelajaran yang sesuai kepada peserta didik.
ReplyDeleteKriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran diturunkan dari indikator asesmen suatu tujuan pembelajaran, yang mencerminkan ketercapaian kompetensi pada tujuan pembelajaran.
ReplyDeleteKriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap peserta didik.
ReplyDeleteKriteria ketercapaian tujuan pembelajaran tidak menjadi standar minimum yang harus dicapai setiap peserta didik. Setiap peserta didik mungkin berada pada kriteria pencapaian yang berbeda, dengan demikian kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menjadi sumber informasi atau data bagi pendidik untuk menentukan tindak lanjut penyesuaian pembelajaran sesuai kondisi peserta didik
ReplyDeleteYa, betul bu setuju,,,
ReplyDelete