Merumuskan Pemahaman Bermakna: Perencanaan Pembelajaran di SMK
PELATIHAN MANDIRI – TOPIK 3
PERENCANAAN PEMBELAJARAN SMA/SMK/Paket C
Merumuskan Pemahaman Bermakna – (Guru)
oleh: Ayu Mika Sherila, MT
Perencanaan pembelajaran merupakan suatu pendekatan yang sistematis yang
mencakup analisis kebutuhan pembelajaran, perumusan tujuan pembelajaran,
pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan bahan ajar, serta pengembangan
alat evaluasinya dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Upaya membuat perencanaan pembelajaran dimaksudkan agar dapat dicapai perbaikan
pembelajaran. Prosedur perencanaan
pembelajaran yang dibuat berhubungan erat dengan model perencanaan pembelajaran
yang dipilih. Untuk mewujudkan pembelajaran paradigma baru yang terdiferensiasi
dan berfokus pada peserta didik, satuan pendidikan harus melaksanakan
tahapan-tahapan perencanaan pembelajaran dan asesmen intrakurikuler.
Penyusunan perencanaan pembelajaran ini terkait dengan rencana yang ia harus
laksanakan sewaktu berada di ruang kelas. Agar perencanaan pembelajaran
tersusun dengan baik, pendidik memerlukan landasan berpikir atau bekal ilmu
yang mendukung penyusunan perencanan pembelajaran. Upaya membuat perencanaan
pembelajaran dimaksudkan agar dapat dicapai perbaikan pembelajaran. Melalui
perbaikan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
yang dilakukan oleh perancang pembelajaran. Perbaikan mutu pembelajaran
haruslah diawali dari perbaikan perencanaan pembelajaran. Perencanaan
pembelajaran dapat dijadikan titik awal dari upaya perbaikan terhadap kualitas
pembelajaran.
Berikut perencanaan pembelajaran dengan tema “Merumuskan Pemahaman
Bermakna: Perencanaan Pembelajaran di SMK Telkom Jakarta” dalam bentuk dokumen
powerpoint, yang dapat dilihat pada gambar-gambar berikut ini:
Setelah membaca paparan diatas sebagai respon umpan balik "Perencanaan Pembelajaran SMA / SMK / Paket C", Apa tanggapan Bapak/Ibu mengenai hal tersebut?
Peserta didik yang selayaknya dijadikan kunci akhir dalam menetapkan mutu suatu perencanaan pembelajaran.
ReplyDeleteBetul bu. Strategi pembelajaran merupakan keseluruhan pola umum kegiatan guru dan siswa yang merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan siswa, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
ReplyDeleteSetiap pendidik harus menguasai materi pelajaran yang diampunya dan dapat menyampaikan materi tersebut
ReplyDeletesecara efektif dan efisien kepada peserta didik.
Hasil-hasil dari pelaksanaan evaluasi formatif digunakan untuk memperbaiki produk sistem pembelajaran yang sedang dikembangkan. Setelah produk-produk system pembelajaran diperbaiki, maka produk sistem pembelajaran tersebut dapat digunakan ke kelompok populasi sasaran.Setelah pelaksanaan pembelajaran selesai, maka dilakukanlah tahap evaluasi sumatif untuk melihat keberhasilan siswa terhadap produk sistem pembelajaran yang diterapkan.
ReplyDeleteDari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran adalah suatu tindakan yang dilakukan guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran sehingga dapat berjalan dengan lancar, efektif dan efisien.
ReplyDeleteDari penjelasan di atas, sepakat bahwa strategi pembelajaran berkenaan dengan pendekatan pengajaran dalam mengelola kegiatan pembelajaran untuk menyampaikan materi atau isi pelajaran secara sistematik, sehingga kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh siswa secara efektif dan efisien.
ReplyDelete