Aksi Nyata : Mengapa Kurikulum Perlu Diubah?

 Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan

oleh: Ayu Mika Sherila, ST. MT


Apa itu Kurikulum?

        Kurikulum merupakan panduan pembelajaran pada satuan pendidikan dimana dapat dimaknai sebagai titik awal sampai titik akhir dari pengalaman belajar peserta didik. Kurikulum itu kompleks dan multi dimensi, kurikulum itu dapat diibaratkan sebagai jantung pendidikan.

     Kurikulum adalah seperangkat pedoman bagi pendidik dalam mengembangkan program pembelajaran kepada siswa dengan tujuan agar siswa dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai macam permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Kurikulum memberikan petunjuk bagi siswa mengenai hal apa yang harus mereka lakukan guna mengembangkan ketrampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Fungsi Kurikulum bagi pendidikan adalah untuk memandu dalam proses belajar peserta didik.

Komponen Kurikulum menurut Ralph Tyler :

1. Tujuan

2. Konten

3. Metode/cara

4. Evaluasi


Apa pentingnya perubahan Kurikulum?

        Dalam dunia pendidikan keberadaan kurikulum menjadi hal yang sangat penting. Karena arah dan tujuan pendidikan diatur dalam kurikulum sehingga dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran guru akan berpatokan pada kurikulum yang diterapkan di satuan pendidikannya.

        Kurikulum harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi perkembangan jaman. Kurikulum yang baik adalah Kurikulum yang sesuai dengan jamannya, dan terus dikembangkan atau diadaptasi sesuai dengan konteks dan karaktersistik peserta didik demi membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka untuk saat ini dan masa mendatang.

    Untuk siswa kurikulum memiliki peran penting dan berpengaruh terhadap segala aktivitas pembelajaran, yang dapat membimbing dan dapat menjadi petunjuk dalam pelaksaan pembelajaran di sekolah. Fungsi lain dari kurikulum adalah dapat membentuk karakter siswa dan dapat membimbing menjadi siswa yang berakhlak, berkarakter, Tangguh dan memiliki jati diri yang kuat, sehingga kurikulum harus dapat mengarahkan siswa untuk dapat menemukan keahlian serta masing-masing ketertarikan atau keinginan siswa yang mana tidak semua siswa memiliki ketertarikan yang sama, sehingga dapat tersalurkan keahlian dan ketertarikan siswa terhadap suatu hal yang baru dan dapat menunjang keahlian siswa itu sendiri sehingga dapat terasah menjadi sesuatu yang lebih baik dan optimal.


Mengapa kurikulum harus berubah?

     Proses penerapan kurikulum dalam pelaksaan pembelajaran mempunyai fungsi yang paling mendasar dan utama dalam proses meraih output. Output menjadi tolak ukur dalam dilakukannya pembaharuan pada kurikulum, yang dapat menentukan seperti apa arah pembaharuan yang harus dicapai dan juga yang memiliki pengaruh yang baik maupun kurang baik, sehingga disini terlaksananya perbaikan kurikulum disini dapat menyelesaikan berbagai hambatan yang sudah dialami maupun hambatan dimasa akan datang yang akan dijalani.


Faktor Penyebab Perubahan Kurikulum:

1.      Hal pertama yang menjadi dasar kurikulum berubah yaitu, dikarenakan zaman yang terus menerus berkembang dan mengalami kemajuan. Perubahan dan perkembangan zaman yang terjadi secara terus menerus ini tentunya juga menjadi tuntutan bagi Pendidikan di Indonesia untuk terus berubah menjadi lebih baik lagi, termasuk penyempurnaan kurikulum sebagai alat yang sangat penting untuk keberhasilan Pendidikan suatu negara.


2.  Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi, Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang memiliki peran ganda menyebabkan kurikulum berubah-ubah, karena Perkembangan ilmu pengetahuan yang mengalami perkembangan dalam berbagai cabang ilmu, menghasilkan teori-teori baru, dan metode-metode baru dalam memenuhi proses belajar mengajar, sedangkan teknologi merupakan usaha manusia yang merupakan dampak pemanfaatan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup manusia.


3.    Gagasan baru dari para ahli Pendidikan yang mana perlu adanya pembaharuan terhadap kurikulum, yang mungkin memiliki suatu gagasan yang sudah dipertimbangkan dan dirancang, dan mengetahui tentang adanya gaya belajar baru yang lebih baik dan efisien bila diterapkan di era sekarang.


4.      Pertumbuhan Penduduk yang Sangat Cepat, Karena semakin banyaknya pertumbuhan penduduk , maka pendekatan, metode dalam pembelajaran pun harus bervariasi agar pembelajaran semakin aktif dan efisien.


 


Poster IKM

      Untuk menyikapi kurikulum yang terus berubah , pendidik harus mempelajari dan memahami tujuan dari kurikulum tersebut agar pencapian yang diharapkan dapat terlaksana dengan optimal. Pendidik harus mampu menyadari bahwa setiap perubahan membutuhkan perlakuan yang berbeda. Kurikulum yang berubah mengharuskan pendidik kembali belajar dan terus belajar menyesuiakan dengan perkembangan zaman dan perubahan kebutuhan peserta didik. Pendidik harus mampu menjadi penggerak menumbuhkan kesadaran belajar peserta didik. Sebagai fasilitator dan eksekutor, pendidik diharapkan mampu menyentuh rasa ingin tahu dan membuka kesadaran peserta didik dalam berpikir kritis.

    Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang terkandung dalam kurikulum mandiri, siswa diharapkan memiliki karakter siswa Pancasila yang berkarakter tinggi, keberagaman global, kemandirian, gotong royong, berpikir kritis dan kreatif sehingga dapat mewujudkan Generasi Emas 2045 bersama Indonesia 2045 Visi Empat pilar pembangunan manusia, dan penguasaan iptek, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pembangunan yang merata dan merata, penguatan ketahanan dan tata kelola negara, serta kemampuan menghadapi bangsa Indonesia terkini, yaitu korupsi, terorisme, narkoba, intoleransi, kemiskinan dan pengangguran menunggu.

      Setelah membaca paparan diatas sebagai respon umpan balik "Mengapa Kurikulum Perlu Diubah?", Apa tanggapan Bapak/Ibu mengenai kurikulum merdeka dan perlunya kurikulum diubah?

Comments

  1. Kurikulum harus selalu berubah agar sesuai dengan perkembangan jaman, apalagi saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi informasi telah berkembang semakin maju. Metode dan konteks kurikulum sebelumnya tentu dianggap sudah tidak relevan lagi dengan kondisi dan karakteristik peserta didik saat ini. Selain itu kurikulum juga harus bisa memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan dapat menyiapkan generasi Bangsa untuk masa yang akan datang sebagai generasi yang visioner yang memiliki cita-cita besar dan mampu memandang jauh ke depan.

    ReplyDelete
  2. NAILAH ALFARIHAHMay 7, 2023 at 9:53 PM

    Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

    ReplyDelete
  3. Benar bu Ayu.. Kurikulum memang harus berubah. Mengapa demikian ? tentu saja untuk menjawab tantangan zaman. Kurikulum tidak dapat dipergunakan dalam satu waktu terus menerus karena dunia terus berubah. Maka dunia pendidikan sebagai pilar utama dalam membangun dan mendidik generasi harus pula turut berubah. Sekarang kan sudah generasi Z, jika tidak ada perubahan metode pengajaran dan pendidikan maka kita akan tergerus oleh zaman.

    ReplyDelete
  4. Kurikulum yang baru yang akan dilaksanakan, telah didesain dengan menelaah lebih lanjut apa saja yang menjadi kendala pada kurikulum sebelumnya. Dari sini dapat dikatakan bahwa salah satu tujuan perubahan kurikulum adalah untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada kurikulum sebelumnya. Harapannya, dampak positif dari kurikulum baru dapat lebih meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.Sehingga dibutuhkan semua pelaksana pendidikan yang mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan, termasuk perubahan zaman.

    ReplyDelete
  5. Betul.. Seharusnya seluruh lapisan masyarakat mulai dari peran orang tua, masyarakat dan sekolah harus menempatkan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar serta kepentingan peserta didik sebagai pengembangan Kurikulum karena Kurikulum dirancang untuk kebutuhan peserta didik.

    ReplyDelete
  6. sangat membantu dalam menyebarkan informasi tentang perubahan kurikulum

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aksi Nyata - Asesmen SMP - SMA / SMK / Paket B - C

Aksi Nyata Perencanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan – Melakukan Refleksi Perencanaan (Guru)

Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP-SMA/Paket B-C) : Melakukan Salah Satu Jenis Diferensiasi (Konten Produk Proses)